Syarat Monetisasi Youtube

0
Syarat Monetisasi Youtube

Syarat Monetisasi Youtube – Ingin membangun karir yang sukses dari youtube ? Nah untuk mewujudkan hal tersebut, terlebih dahulu anda harus mengetahui cara monetisasi youtube. Sebenarnya, apa sih monetisasi itu ? Monetisasi dapat dikatakan sebagai porses menghasilkan uang dari video-video youtube yang anda unggah dengan mengaktifkan berbagai fitur iklan di dalam video.

Apakah semua video bisa menghasilkan uang ? Tentu saja tidak. Tidak semua video bisa disisipkan iklan, hanya video terpopuler sajalah yang akan mendapatkan pemasukan terbesar dari iklan. Akun youtube yang telah dimonetisasi akan mendapatkan keuntungan yang besarannya dihitung berdasarkan jumlah penonton. Sedangkan uangnya, didapat dari iklan-iklan yang dipasang di video tersebut.

Melakukan monetisasi akun bukan merupakan hal yang mudah. Ada beberapa persyaratan yang harus anda penuhi sesuai dengan ketentuan dari youtube. Nah, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai beberapa syarat monetisasi youtube. Berikut adalah beberapa syarat yang harus dipenuhi sebuah akun untuk bisa dimonetisasi.

Untuk bisa menghasilkan uang dari cara monetisasi, terlebih dahulu anda harus memperhatikan syarat-syarat yang diminta. Pertama, youtube akan menerima permintaan monetisasi akun yang populer dan memiliki dampak yang signifikan bagi bisnis. Nah, indikator yang signifikan ini dapat dilihat dari isi konten dan popularitasnya untuk menarik perhatian lebih banyak penonton.

Nah, akun yang sudah berhasil dimonetisasi disebut dengan youtube partner. Oleh karena itu, youtube telah membuat persyaratan mendasar bagi para kreator video yang ingin akunnya dimonetisasi. Mengikuti semua aturan dan kebijakan dari monetisasi youtube adalah kewajiban yang harus dipenuhi. Kebijakannya sangat beragam seperti :

Berikut Beberapa Syarat Monetisasi Youtube

  • Pembatasan konten yang tidak boleh berisi pornografi, kekerasan hingga memastikan bahwa konten yang diunggah tidak melanggar hak cipta.
  • Tinggal di negara atau wilayah tempat program youtube partner tersedia. Indonesia sendiri telah masuk ke dalam lingkup wilayah tersebut.
  • Memiliki lebih dari 4.000 jam tayang selama 12 bulan terakhir. Yang mana dapat diartikan jumlah jam tayang konten anda jika ditotal mencapai 4.000 jam.
  • Mempunyai subscribers lebih dari 1000
  • Telah terhubung dengan akun adSense

Walaupun anda telah memenuhi berbagai persyaratan seperti di atas, bukanlah jaminan jika monetisasi akun anda akan diterima oleh youtube ya. Bahkan ada beberapa yang telah ditolak. Mengapa demikian ? Karena kemungkinan besar tidak memenuhi kebijakan dan persyaratan. Akan tetapi ketika monetisasi anda ditolak, anda tidak perlu khawatir karena bisa melakukan pendaftaran lagi dalam kurun waktu 30 hari setelahnya.

Nah, untuk menghindari hal tersebut hal penting yang harus anda lakukan adalah mengaktifkan terlebih dahulu monetisasi, atau istilah lainnya adalah mengaktifkan Google AdSense. Bagaimana cara mengaktifkannya ? Di bawah ini beberapa tahapan cara aktifkan Google AdSense di Youtube.

Berikut adalah tahapan cara aktifkan Google AdSense di Youtube.

  • Klik ikon akun youtube yang terdapat pada pojok kanan atas
  • Masuklah ke menu pilihan “Creator Studio”
  • Kemudian di bagian kiri menu pilihlah “Channel”
  • Lalu klik “Status and features”
  • Selanjutnya klik enable di pilihan “Monetization”
  • Terakhir ikuti perintah yang tertera di halaman tersebut

Itulah beberapa syarat monetisasi youtube yang wajib anda ketahui agar karir anda di bidang youtube dapat melesat tinggi. Untuk itulah lakukan monetisasi agar dapat menghasilkan uang tambahan dari konten akun anda! Namun, sebelum anda bisa menikmati hasilnya, maka terlebih dahulu anda harus fokus untuk mengembangkan akun dengan konten yang bermanfaat. Ya, itulah salah satu langkah awal menjadi seorang youtuber sukses. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here