Panduan Rumus Excel Basic Untuk Pemula dan Pelajar

Panduan Rumus Excel Basic Untuk Pemula dan Pelajar – dalam artikel ini kita akan membahas mengenai rumus rumus dalam Microsoft excel dan Cara menghemat waktu untuk memasukkan rumus ke dalam Excel.

Menguasai rumus dasar Excel sangat penting bagi pemula untuk menjadi sangat mahir dalam analisis keuangan . Microsoft Excel dianggap sebagai perangkat lunak standar industri dalam analisis data. Program spreadsheet Microsoft juga merupakan salah satu perangkat lunak yang paling disukai oleh bankir investasi dan analis keuangan dalam pemrosesan data, pemodelan keuangan , dan presentasi. Panduan ini akan memberikan gambaran umum dan daftar fungsi dasar dan rumus Excel.

BACA : Fungsi Utama Program Microsoft Excel adalah?

Istilah Dasar Dalam Microsoft Excel

Ada dua cara dasar untuk melakukan perhitungan di Excel: Rumus dan Fungsi.

1. Rumus

Di Microsoft Excel, rumus adalah ekspresi yang beroperasi pada nilai dalam rentang sel atau sel. Misalnya, =A1+A2+A3, yang menemukan jumlah rentang nilai dari sel A1 hingga sel A

2. Fungsi

Fungsi adalah rumus yang telah ditentukan sebelumnya di Excel. Micorosft menghilangkan entri manual yang melelahkan dari formula dengan memberikannama yang ramah manusia. Misalnya: =SUM(A1:A3). Fungsi menjumlahkan semua nilai dari A1 hingga A3.

Cara menghemat waktu untuk memasukkan rumus ke dalam Excel

Saat menganalisis data, ada lima cara umum untuk memasukkan rumus dasar Excel. Setiap strategi hadir dengan keunggulannya masing-masing. Oleh karena itu, sebelum menyelam lebih jauh ke dalam rumus utama, mari kita lihat dulu bagamana cara mudah menghemat waktu untuk memasukkan rumus ke dalam Excel.

1. Input sederhana: Mengetik rumus di dalam sel

Mengetik rumus dalam sel atau bilah rumus adalah metode paling mudah untuk menyisipkan rumus dasar Excel. Prosesnya biasanya dimulai dengan mengetikkan tanda sama dengan, diikuti dengan nama fungsi Excel.

Excel cukup cerdas karena ketika Anda mulai mengetik nama fungsi, petunjuk fungsi pop-up akan muncul. Dari daftar ini Anda akan memilih preferensi Anda. Namun, jangan tekan tombol Enter. Sebagai gantinya, tekan tombol Tab sehingga Anda dapat terus menyisipkan opsi lain. Jika tidak, Anda mungkin menemukan kesalahan nama yang tidak valid, sering kali sebagai ‘#NAME?’. Untuk memperbaikinya, cukup pilih kembali sel, dan buka bilah rumus untuk menyelesaikan fungsi Anda.

insert rumus excel

2. Menggunakan Opsi Insert Function dari Tab Formulas

Jika Anda ingin kontrol penuh atas insert function Anda, menggunakan kotak dialog Excel Insert Function adalah semua yang Anda butuhkan. Untuk mencapai ini, buka tab Formulas dan pilih menu pertama berlabel insert function . Kotak dialog akan berisi semua fungsi yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan lembar kerja anda .

rumus excel

3. Memilih Formula dari Salah Satu Grup di Tab Formulas

Pilihan ini adalah bagi mereka yang ingin menyelidiki fungsi favorit mereka dengan cepat, salah satunya rumus excel if. Untuk menemukan menu ini, navigasikan ke tab Formulas dan pilih grup pilihan Anda. Klik untuk menampilkan submenu yang berisi daftar fungsi. Dari sana, Anda dapat memilih preferensi Anda. Namun, jika Anda menemukan grup pilihan Anda tidak ada di tab, klik opsi More Functions, mungkin hanya tersembunyi di sana.

input rumus excel if

4. Menggunakan Opsi AutoSum

Untuk tugas cepat dan sehari-hari, fungsi AutoSum adalah pilihan yang sangat cocok untuk Anda. Jadi, navigasikan ke tab Home , di sudut paling kanan, dan klik opsi AutoSum. Kemudian klik tanda insert untuk menampilkanhidden formulas lainnya. Opsi ini juga tersedia di tab Formulas opsi pertama setelah opsi Insert Function.

Panduan Rumus Excel Basic Untuk Pemula dan Pelajar MyMacsense

5. Quick Insert: Gunakan Tab yang Baru Digunakan

Jika Anda merasa mengetik ulang formula terbaru sebagai tugas yang monoton, gunakan menu Recently Used. Itu ada di tab Formulas, opsi menu ketiga tepat di sebelah AutoSum.

Panduan Rumus Excel Basic Untuk Pemula dan Pelajar MyMacsense

Berikut Tujuh Rumus Excel Dasar Untuk Alur Kerja Anda

Karena Anda sekarang dapat menyisipkan formula atau rumus dan fungsi pilihan Anda dengan benar, mari periksa beberapa fungsi dasar Rumus Excel untuk memulai bekerja dengan Microsoft Excel.

1. SUM

Fungsi SUM adalah rumus pertama yang harus diketahui di Excel. Biasanya nilai agregat dari pilihan kolom atau baris dari rentang yang Anda pilih.

=SUM( angka1 , [angka2], …)

Contoh:

=SUM(B2:G2) – Pilihan sederhana yang menjumlahkan nilai dari sebuah baris.

=SUM(A2:A8) – Pilihan sederhana yang menjumlahkan nilai kolom.

=SUM(A2:A7, A9, A12:A15) – Koleksi canggih yang menjumlahkan nilai dari rentang A2 hingga A7, melewati A8, menambahkan A9, melompati A10 dan A11, lalu akhirnya menambahkan dari A12 ke A15.

=SUM(A2:A8)/20 – Menunjukkan bahwa Anda juga dapat mengubah fungsi menjadi rumus.

Panduan Rumus Excel Basic Untuk Pemula dan Pelajar MyMacsense

2. AVERAGE

Fungsi AVERAGE harus mengingatkan Anda tentang rata-rata data sederhana seperti jumlah rata-rata pemegang saham dalam kumpulan pemegang saham tertentu.

=RATA-RATA( angka1 , [angka2], …)

Contoh:

=AVERAGE(B2:B11) – Menampilkan rata-rata sederhana, juga mirip dengan (SUM(B2:B11)/10)

Panduan Rumus Excel Basic Untuk Pemula dan Pelajar MyMacsense

3. COUNT

Fungsi COUNT menghitung semua sel dalam rentang tertentu yang hanya berisi nilai numerik.

=COUNT( nilai1, [nilai2], … )

Contoh:

COUNT(A : A) – Menghitung semua nilai numerik dalam kolom A. Namun, Anda harus menyesuaikan rentang di dalam rumus untuk menghitung baris.

COUNT(A1:C1) – Sekarang dapat menghitung baris.

Panduan Rumus Excel Basic Untuk Pemula dan Pelajar MyMacsense

4. COUNTA

Seperti fungsi COUNT, COUNTA menghitung semua sel dalam rage tertentu. Namun, itu menghitung semua sel terlepas dari jenisnya. Artinya, tidak seperti COUNT yang hanya menghitung angka, ia juga menghitung tanggal, waktu, string, nilai logika, kesalahan, string kosong, atau teks.

=COUNTA( nilai1, [nilai2], … )

Contoh:

COUNTA(C2:C13) – Menghitung baris 2 hingga 13 di kolom C terlepas dari jenisnya. Namun, seperti COUNT, Anda tidak dapat menggunakan rumus yang sama untuk menghitung baris. Anda harus melakukan penyesuaian pada pilihan di dalam tanda kurung – misalnya, COUNTA(C2:H2) akan menghitung kolom C hingga H

Panduan Rumus Excel Basic Untuk Pemula dan Pelajar MyMacsense

5. JIKA

Rumus excel Fungsi IF sering digunakan ketika Anda ingin mengurutkan data Anda menurut logika yang diberikan. Bagian terbaik dari rumus IF adalah Anda dapat menyematkan rumus dan fungsi di dalamnya.

=IF( pengujian_logis, [nilai_if_benar], [nilai_if_salah] )

Contoh:

=IF(C2<D3, ‘TRUE,’ ‘FALSE’) – Memeriksa apakah nilai di C3 lebih kecil dari nilai di D3. Jika logikanya benar, biarkan nilai sel menjadi TRUE, jika tidak, FALSE

=IF(SUM(C1:C10) > SUM(D1:D10), SUM(C1:C10), SUM(D1:D10)) – Contoh logika IF kompleks. Pertama, jumlahkan C1 ke C10 dan D1 ke D10 , lalu bandingkan jumlahnya. Jika jumlah C1 ke C10 lebih besar dari jumlah D1 ke D10 , maka itu membuat nilai sel sama dengan jumlah C1 ke C10 . Jika tidak, itu menjadikannya SUM dari C1 hingga C10 .

Panduan Rumus Excel Basic Untuk Pemula dan Pelajar MyMacsense

6. TRIM

Rumus Excel Fungsi TRIM memastikan fungsi Anda tidak mengembalikan kesalahan karena spasi yang tidak teratur. Ini memastikan bahwa semua ruang kosong dihilangkan. Tidak seperti fungsi lain yang dapat beroperasi pada rentang sel, TRIM hanya beroperasi pada satu sel. Oleh karena itu, ia datang dengan kelemahan menambahkan data duplikat di spreadsheet Anda.

=TRIM( teks )

Contoh:

TRIM(A2) – Menghapus spasi kosong pada nilai di sel A2.

Panduan Rumus Excel Basic Untuk Pemula dan Pelajar MyMacsense

7. MAX & MIN

Fungsi MAX dan MIN membantu dalam menemukan jumlah maksimum dan jumlah minimum dalam rentang nilai.

=MIN( angka1 , [angka2], …)

Contoh:

=MIN(B2:C11) – Menemukan jumlah minimum antara kolom B dari B2 dan kolom C dari C2 ke baris 11 di kedua kolom B dan C.

=MAX( angka1 , [angka2], …)

Contoh:

=MAX(B2:C11) – Demikian pula, ia menemukan jumlah maksimum antara kolom B dari B2 dan kolom C dari C2 ke baris 11 di kedua kolom B dan C.

Panduan Rumus Excel Basic Untuk Pemula dan Pelajar MyMacsense
Panduan Rumus Excel Basic Untuk Pemula dan Pelajar MyMacsense

Sekian artikel singkat mengenai Panduan Rumus Excel Basic Untuk Pemula dan Pelajar, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Leave a Comment