8 Trik Jitu Mendapatkan Gaji Pertama di Youtube – Akhir akhir ini kegiatan menonton video secara online, live streaming maupun vlogging atau biasa disebut video blog menjadi keseharian setiap orang dan bagaikan kegiatan rutin tiap harinya. Mudahnya akses dalam menggunakan youtube, hanya bermodalkan kuota internet, kita dengan mudah menemukan video yang ingin kita cari, bahkan kita bisa berlangganan channel yang kita sukai dengan mensubscribe channel mereka.

Gaji pertama di youtube

Pernahkah anda berfikir bahwa mengapa para konten kreator youtube atau yang biasa disebut youtuber kecanduan dalam membuat video dan menguploadnya ke youtube? apa yang mendasari kenapa mereka mengupload keseharian mereka, hingga bagian yang sedikit pribadi pun mereka cantumkan dalam video mereka?

Banyak yang mengatakan karena membuat video adalah sebuah hobby dan berdasarkan kemauan sendiri, apalagi dalam mengupload video di youtube kita di berikan kebebasan dalam menuangkan kreatifitas kita. Tetapi ada satu hal penting yang membuat para youtuber betah membuat video, hingga menjadikannya sebagai kesibukan sehari hari. Yap betul, karena mereka diberikan timbal balik atas kerja mereka dalam menaikkan rating youtube.

Perlu anda ketahui, youtube sekarang adalah mesin pencari kedua setelah Goolge yang paling sering digunakan. Banyak orang-orang lebih memilih mencari sesuatu dengan berbentuk video, ketimbang artikel. Sebagai contoh konten tutorial, saya yakin para pembaca mymacsense jika mengalami kesulitan dalam melakukan sesuatu, apakah itu bermasalah saat bermain game, atau komputer yang mengalami error, dan masalah keseharian lainnya, sekarang lebih memilih untuk melihat langsung video cara menyelesaikan masalah tersebut. Selain karena mudah dipahami, penampilan melalui visual juga menambah nilai lebih pada sebuah konten.

Apakah ada diantara teman teman yang tertarik untuk menjadi youtuber? apakah anda siap menerima gaji pertama anda sebagai youtuber? kali ini mymacsense akan membahas trik jitu cara mendapatkan gaji pertama di youtube.

Berikut 8 Trik Jitu Mendapatkan Gaji Pertama di Youtube

1. Buat Akun Youtube Sesuai Niche Konten

Sebelum teman teman membuat akun youtube, pertama tama tentukan dulu niche konten yang akan anda upload nantinya. Niche konten yang dimaksud di sini adalah jenis konten atau kategori apa yang akan teman teman upload di channel youtube kedepannya. Misal teman teman ingin membuat channel tentang vlog, perlu diketahui bahwa vlog adalah video yang membutuhkan persiapan yang sangat matang, sebagai contoh, ide konten kedepannya itu harus bagaimana, dan lain sebagainya.

buat akun youtube

Namun bilamana teman teman lebih ingin berfokus ke niche, kategori lain misal konten tutorial, tips dan trik bahkan video mukbang juga boleh yang terpenting adalah relevansi antara nama channel dan video, karena bisa menjadi branding buat anda kedepannya.

2. Konsisten Membuat Video

Salah satu permasalahan yang paling sering ditemui pada youtuber pemula adalah konsistensi. Konsistensi yang dimaksud di sini adalah bagaimana kedisiplinan kita dalam membuat video, kemudian mengupload video di channel kita. dengan kita mengupload video dengan teratur dan terjadwal, kemungkinan channel kita diperhatikan oleh Youtube semakin besar.

Salah satu dampak apabila channel kita menjadi perhatian youtube adalah video video yang kita hasilkan akan direkomendasikan ke orang lain setelah dia menonton video yang memiliki relevansi atau kesamaan kategori video kita. terlebih lagi bila video yang kita upload menempati urutan pertama pencarian Youtube, kesempatan untuk orang menonton video kita akan semakin besar. Semakin banyak penonton kita, semakin tinggi pula penghasilan kita di youtube.

konsisten membuat video

3. Sajikan Konten yang Menarik

Menyajikan konten yang menarik menjadi tantangan tersendiri bagi setiap konten kreator yang ada di youtube. Alasan mengapa orang ingin tinggal dan berlama lama di channel kita adalah karena channel kita memiliki konten yang menarik, lain dari yang dimiliki oleh channel lain.

Jadikan keunikan video yang kita buat menjadi daya tarik tersendiri bagi penonton penonton lain. Faktor yang mempengaruhi penghasilan kita nantinya di youtube adalah seberapa banyak jam tayang yang ditonton orang dalam channel kita. semakin banyak video yang ditonton orang, semakin kita mudah dalam pengajuan monetize youtube kita. Saya tekankan bahwa konsistensi dalam mebuat video menarik adalah tantangan yang lumayan berat, dan ini yang menjadi alasan mengapa banyak youtuber pemula gagal berkarya di dunia youtube.

sajikan konten yang menarik

4. Gunakan Thumbnail Yang Menarik

Ketika kita membuat video, yang menjadi daya tarik selain judul video adalah thumbnail video yang kita upload. Apa itu thumbnail? Thumbnail video adalah gambar ringkasan yang tampil mewakili cover video yang berguna bagi penonton sebagai gambaran singkat bagaimana isi video yang ada di daftar video beranda, rekomendasi dari youtube untuk kita, hingga saat orang lain kepo dengan isi channel kita.

Dengan adanya thumbnail yang menarik, peluang penonton untuk mengklik video kita semakin besar. Sebagai perbandingan dan hanya contoh, meskipun isi video kita kemungkinan kurang menarik, tetapi dengan adanya thumbnail yang menarik, orang akan tetap mengklik video kita. Tetapi perlu saya tekankan, membuat thumbnail yang menarik tetapi tidak relevan dan isi video akan berdampak buruk untuk channel kita.

TIdak relevannya isi video dan juga thumbnail video inilah yang dinamakan clickbait. Apapun yang berbentuk clickbait apakah thumbnail maupun judul yang sama sekali tidak ada relevansinya dengan isi video, saya jamin channelnya tidak akan bertahan lama. Karena orang akan menganggap isi video kita tidak menarik, bahkan memberikan rating kurang baik bagi channel kita, which is sangat mempengaruhi kualitas channel kita di mana Youtube.

8 Trik Jitu Mendapatkan Gaji Pertama di Youtube MyMacsense

5. Patuhi Ketentuan Youtube

Kualitas teknologi Youtube sekarang sangat sangat canggih. Youtube Mampu mendeteksi channel yang melakukan kecurangan, baik berbentuk copy video, reuploader, subs for subs ataupun membeli subscriber. Subs for subs adalah melakukan kegiatan saling subscribe channel kita dengan orang lain demi untuk jalan pintas mengatasi ketentuan youtube yang telah menetapkan 1000 Subscriber dan 4000 Jam tayang agar bisa memonetize youtube kita.

Bagi para youtuber pemula, hal ini sangat sangat berat, karena diawal kita membuat channel dan mengupluad vdeo kita, sangat mustahil penonton kita langsung banyak, subscriber kita tiba tiba naik, langsung menghasilkan uang. Butuh perjuangan yang keras agar mampu berkembang di dunia youtube.

Patuhi Ketentuan Youtube

Sekali lagi saya tekankan, lebih baik kita membuat konten video yang original buatan kita dan menghasilkan subscriber yang asli organik, dan views yang murni karena orang menonton video kita, ketimbang kita menggunakan aplikasi pihak ketiga, membeli subscriber, membeli views dan bentuk kecurangan lainnya yang dapat merugikan channel kita.

6. Gunakan Keyword Sebaik Mungkin

Seperti halnya kita membuat artikel pada sebuah blog dan website, membuat video juga membutuhkan suatu kata kunci yang dijadikan incaran kita untuk penonton yang targeted. Penonton yang targeted di sini adalah penonton yang benar benar mencari video yang berkaitan dengan video kita upluad. Nah cara agar video kita bisa ditemukan orang adalah dengan menggunakn kata kunci.

Saat kita mengetikkan kata kunci video yang ingin kita cari, biasanya mesin pencarian youtube memberikan saran kata kunci di judul video yang terkait. BIla penonton mengklik kata kunci tersebut, maka yang muncul di halaman pertama hasil pencarian adalah video yang menggunakan kata kunci yang tepat sasaran pada judul video dan deskripsi video. Sehingga bisa dipastikan bila kata kunci yang kita sematkan pada video tidak relevan, maka yang ada video kita tidak berarti apa apa di mata youtube.

8 Trik Jitu Mendapatkan Gaji Pertama di Youtube MyMacsense

7. Buat VIdeo Dengan Durasi Minimal 5 Hingga 15 Menit

Membuat video dengan durasi yang singkat akan menyulitkan kita para youtuber pemula memenuhi persyaratan 4000 jam tayang yang dibebankan pada sebuah channel sebelum bisa diterima dalam partner Youtube untuk menghasilkan pendapatan. Maka dari itu saya menyarankan teman teman semua untuk membuat konten video dengan durasi setidaknya 5 hingga 15 menit agar persyaratan youtube bisa cepat terpenuhi.

8. Awali Dengan Niat Yang Benar

Banyak youtuber pemula gagal dalam mengembangkan channel youtube karena niat awal mereka sudah salah. Membuat channel youtube berarti kita siap untuk bekerja keras, tidak kenal menyerah dalam memberikan konten yang bermanfaat bagi para penonton. KArena hal yang paling mendasari Youtube memperhatikan channel kita adalah sejauh mana channel kita bermanfaat bagi orang banyak selain untuk hiburan.

Bila niat teman teman hanya untuk mendapatkan penghasilan dengan cara yang instan, lebih baik teman teman kembali ke kehidupan normal saja. Karena membangun sebuah channel di youtube butuh perjuangan dan kerja keras. Saya jamin bila teman teman membangun channel dengan sepenuh hati, pendapatan akan datang dengan sendiri, meskipun belum diterima adsense, endorse akan datang dengan sendirinya. Percayalah.

Artikel Menarik Lainnya

Demikian artikel yang dapat saya bagikan ke teman teman semua. Jika bermanfaat mohon untuk share ke teman teman semua, jangan lupa juga subscribe channel mymacsense yaa.. sekian dan sampai ketemu di artikel yang akan datang.

Author

Blogger biasa yang selalu penasaran dengan hal yang baru

Write A Comment