Fitur Terbaik Android 11, Tanggal Rilis, dan Daftar Perangkat yang Didukung – Pembaruan Android 11 sudah mulai berjalan, dan seperti yang diharapkan, pembaruan Android terbaru tersedia di semua perangkat Pixel. Namun, pabrikan smartphone lain mengejar pembaruan Android 11 dengan cepat.

Versi Android terbaru mencakup banyak fitur luar biasa, termasuk perubahan visual, penambahan untuk meningkatkan keamanan pengguna, dan dukungan untuk teknologi yang lebih baru seperti Foldables dan 5G dan banyak lagi.

Apa itu Android 11?

Tahun lalu, Google memutuskan untuk tidak lagi memberikan nama makanan penutup ke versi Android. Secara tradisional, Android 11 akan disebut Android R.

sebenarnya penyebutan Android 11 yang sederhana dan lugas daripada Android R. Meskipun, kami akan menghargai sesuatu seperti android Red Velvet atau Rum Cake. Ada referensi ke Android R di Pratinjau Pengembang Android 11 , tetapi itu hanya untuk pengembangan.

Smartphone Yang Mendukung Android 11

Mirip dengan Android 10, pembaruan Android terbaru juga akan memakan waktu lama sebelum mendarat di smartphone Anda. Hingga saat ini, beberapa vendor smartphone telah merilis jadwal peluncuran Android 11 untuk perangkatnya masing-masing.

Oppo, Realme, OnePlus, Samsung, dan beberapa lainnya telah memulai program beta Android 11 dengan perangkat kelas atas mereka. Sementara itu, hanya jajaran Google Pixel dan seri OnePlus 8 yang menerima pembaruan stabil Android 11. Kami berharap OEM lain akan mulai merilis pembaruan stabil Android 11 pada akhir tahun 2020.

BACA : Fitur Samsung One UI 3.0 Android 11, Tanggal Rilis, Device yang Didukung

Fitur Terbaik Android 11

1. Dark Theme Scheduling

Google meluncurkan mode gelap seluruh sistem di Android 10. Pembaruan Android terbaru menambahkan pembaruan kecil, namun penting untuk fitur terbaik Android 11.

Fitur Terbaik Android 11, Tanggal Rilis, dan Daftar Perangkat yang Didukung MyMacsense

Pengguna sekarang dapat menjadwalkan kapan mode gelap akan diaktifkan di Android 11. Dalam pengaturan tema Gelap, pengguna dapat menjadwalkan tema gelap di seluruh sistem untuk matahari terbenam hingga matahari terbit atau memasukkan durasi khusus.

2. Native Screen Recorder

Perekam layar natif Android telah digunakan selama lebih dari setahun sekarang. Fitur tersebut pertama kali tiba di salah satu pratinjau pengembang Android 10 ; Namun, Google menyuntingnya sebelum rilis final secara global.

Fitur Terbaik Android 11, Tanggal Rilis, dan Daftar Perangkat yang Didukung MyMacsense

Google akhirnya menghadirkan perekam layar internal dengan Android 11. Ikon perekam layar baru dapat dilihat di panel quick setting. Mengetuknya membuka pengaturan perekaman layar di mana pengguna dapat memilih untuk mengaktifkan perekaman audio dan menunjukkan sentuhan.

3. Pin apps in Sharesheet

Menu berbagi Android bermasalah sejak awal, terutama kategori yang berubah setiap kali kami membuka kembali menu. Namun, Google telah memperbaiki masalah di Android 11 dengan opsi untuk menyematkan aplikasi.

Fitur Terbaik Android 11, Tanggal Rilis, dan Daftar Perangkat yang Didukung MyMacsense

Fitur ini pertama kali muncul di versi pengembang Android 10, tetapi Google meletakannya a untuk versi final. Dalam pembaruan Android terbaru, pengguna dapat menyematkan hingga empat aplikasi di Menu Berbagi Android.

4. Conversations

Salah satu fitur Android 11 terbesar adalah “bagian percakapan khusus” baru di bayangan notifikasi.

Android 11 menampilkan bagian percakapan baru yang muncul tepat di atas bilah notifikasi. Di sini, pengguna juga dapat memprioritaskan percakapan dan menyimpan pesan dari beberapa individu selalu di atas. Dengan ini, Android 11 memiliki total tiga bagian pemberitahuan – Percakapan, Pemberitahuan, dan Senyap.

5. Bubbles chat

Bubbles adalah fitur Android 11 lainnya yang membuka percakapan di gelembung obrolan kecil di sekitar sudut. Google pertama kali memamerkan fitur ini di Android 10 , namun belum diterapkan hingga sekarang.

Fitur Terbaik Android 11, Tanggal Rilis, dan Daftar Perangkat yang Didukung MyMacsense

Balon memungkinkan multitasking dan interaksi dengan aplikasi tanpa perlu menutup aplikasi saat ini. Ini persis seperti Facebook Messenger Chat Heads, sekarang meluas ke semua aplikasi perpesanan. Fitur Android 10 ini memungkinkan Anda meminimalkan aplikasi apa pun menjadi lingkaran kecil yang mengapung di layar Anda di atas semua aplikasi lain.

6. One-time permission dan auto-reset

Di versi Android sebelumnya, Google memperkenalkan pengelola izin terpisah di setelan Android dan izin “Izinkan hanya saat menggunakan aplikasi” untuk memberikan akses ke lokasi.

Di Android 11, Google menambahkan opsi izin lain: “Izinkan kali ini saja”. Pengguna Android 11 sekarang dapat memberikan izin akses satu kali ke aplikasi untuk mikrofon, kamera, atau lokasi.

7. Akses Suara

Akses suara adalah salah satu fitur terbaik Android 11 dan favorit saya dari semuanya. Seperti namanya, pengaturan memungkinkan pengguna mengontrol Android mereka dengan perintah suara.

Fitur Terbaik Android 11, Tanggal Rilis, dan Daftar Perangkat yang Didukung MyMacsense

Pengguna harus menginstal aplikasi akses Suara serta tetap mengaktifkan deteksi “Ok Google” sebelum mengaktifkan akses Suara dari pengaturan aksesibilitas. Setelah diaktifkan, pengguna Android 11 dapat melakukan hampir semua tindakan tanpa menyentuh perangkat mereka.

Pengguna iPhone juga memiliki fitur serupa yang disebut Voice Control , yang diperkenalkan Apple dengan iOS 13.

Setelah menggunakan keduanya, saya lebih memilih Android 11 karena lebih fleksibel. Android 11 tidak hanya menerima berbagai perintah untuk satu tindakan, tetapi juga menunjukkan angka untuk setiap elemen di layar sehingga lebih mudah digunakan daripada Kontrol Suara Apple.

8. Device Controls

Pengembang Android telah mengubah menu tombol Daya di Android 11 dan menambahkan Kontrol Perangkat. Dalam pengaturan baru, pengguna dapat mengontrol semua perangkat pintar mereka dari satu tempat. Hal-hal seperti mengubah suhu, meredupkan lampu, memeriksa keamanan feed, semuanya bisa diakses dalam satu genggaman.

Fitur Android 11 dapat diakses dengan menahan tombol daya. Lapisan atas menampung tindakan dasar dan di bawahnya adalah matikan untuk mengubah perangkat rumah pintar.

Fitur Terbaik Android 11, Tanggal Rilis, dan Daftar Perangkat yang Didukung MyMacsense

9. Media Controls

Saat Anda memutar musik di Android 11, pemutar musik mini sekarang muncul di bagian Pengaturan Cepat alih-alih mengacaukan ruang tempat pemberitahuan muncul.

Fitur Terbaik Android 11, Tanggal Rilis, dan Daftar Perangkat yang Didukung MyMacsense

Selain itu, Google juga telah menambahkan menu pengaturan pemutaran baru. Di sini Anda dapat dengan cepat mengubah perangkat pemutaran Anda. Fitur ini sangat berguna saat Anda ingin beralih dari headphone bluetooth ke speaker Google Nest, misalnya.

10. App Suggestions (Khusus Google Pixel)

Seperti namanya, fitur Android 11 baru menyarankan aplikasi di dok berdasarkan penggunaan Anda. Aplikasi terus berubah di dok, dan menghadirkan aplikasi yang biasanya Anda buka dalam jangka waktu tersebut. Tentu saja, Anda dapat menyesuaikan aplikasi mana yang tidak muncul di dok.

Sayangnya, fitur tersebut hanya tersedia untuk pengguna Google Pixel yang menjalankan pembaruan Android 11.

11. Bluetooth dalam Mode Pesawat

Hampir tidak ada smartphone tersisa yang memiliki jack headphone khusus. Secara alami, Bluetooth telah menjadi kebutuhan dalam dunia headphone nirkabel.

Namun, mode Pesawat mematikan Bluetooth di semua smartphone Android. Meskipun pengguna dapat mengaktifkannya kembali, ini adalah langkah yang tidak perlu. Salah satu fitur Android 11 yang baru adalah Bluetooth akan tetap aktif dalam mode pesawat jika dihubungkan ke perangkat nirkabel.

12. History Notifikasi

Jika Anda tidak sengaja menghapus notifikasi pada beberapa kesempatan, Android 11 ini akan sangat berguna bagi Anda. Dengan pembaruan Android 11 terbaru, Anda dapat menyimpan notifikasi yang datang dalam 24 jam terakhir.

Fitur Terbaik Android 11, Tanggal Rilis, dan Daftar Perangkat yang Didukung MyMacsense

Fitur terbaik Android 11 tidak diaktifkan secara default. Anda perlu membuka Pengaturan Android> Aplikasi & pemberitahuan> Pemberitahuan dan beralih ke “Gunakan riwayat pemberitahuan”.

Terlepas dari fitur Android 11 yang disebutkan di atas, ada beberapa perubahan di bawah kap seperti lebih banyak dukungan untuk jaringan 5G serta perangkat yang dapat dilipat.

Author

Blogger biasa yang selalu penasaran dengan hal yang baru

Write A Comment