Cara menyembunyikan aplikasi, foto, dan file di Android

0
cara menyembunyikan aplikasi

Cara menyembunyikan aplikasi, foto, dan file di Android – Ada banyak alasan mengapa Anda ingin menyembunyikan aplikasi, foto, dan file lain di perangkat Android Anda . Mungkin Anda punya beberapa foto yang Anda ingin agar ibu Anda tidak melihatnya jika dia perlu meminjam ponsel Anda.

Mungkin Anda memiliki beberapa dokumen pribadi yang berisi informasi pribadi yang sensitif. Mungkin Anda memiliki aplikasi yang tidak cukup ramah anak sehingga Anda merasa aman menyerahkan ponsel Anda kepada keponakan Anda sehingga dia bisa bermain Angry Birds.

Apa pun alasannya, ada banyak opsi untuk menyembunyikan konten di ponsel Anda. Kami akan melihat yang dapat Anda gunakan di ponsel Android apa pun serta yang tersedia di Samsung, OnePlus, dan handset populer lainnya.

Berikut Cara menyembunyikan aplikasi, foto, dan file di Android

Anda dapat dengan mudah menyembunyikan aplikasi di ponsel apa pun dengan dua metode di bawah ini, apa pun merek yang Anda gunakan. Yang pertama cocok untuk menyembunyikan aplikasi pra-instal yang tidak Anda gunakan serta menyembunyikan aplikasi yang Anda gunakan tetapi ingin memastikan tidak ada orang lain selain Anda yang melihatnya.

Sebaliknya, metode kedua jauh lebih terbatas. Ini hanya berfungsi dengan aplikasi sistem, yang merupakan aplikasi pra-instal yang tidak dapat dicopot pemasangannya. Tetapi itu membutuhkan lebih sedikit pekerjaan dan tidak akan mengubah tampilan dan nuansa ponsel Android Anda seperti metode pertama.

BACA : 10 aplikasi pembuat logo terbaik untuk Android

1. Gunakan Nova Launcher

Banyak peluncur Android memungkinkan Anda menyembunyikan aplikasi hanya dengan beberapa ketukan. Yang kami sarankan untuk digunakan adalah Nova Launcher karena mengemas banyak fitur dan sangat cepat.

Satu-satunya masalah adalah Anda perlu meningkatkan ke versi Perdana aplikasi untuk menyelesaikan pekerjaan, karena Anda tidak dapat menyembunyikan aplikasi dengan versi gratis. Jika Anda menyukai penyesuaian dan menginginkan pengalaman seperti stok di ponsel cerdas Anda, ada baiknya membayar beberapa dolar untuk mendapatkan aplikasinya – unduh di sini .

Setelah Anda menginstal Nova Launcher Prime dari Play Store, atur sebagai peluncur default di ponsel Anda. Setelah selesai, masuk ke laci aplikasi dan buka aplikasi Pengaturan Nova. Lalu buka App drawer> Hide apps dan centang kotak di sebelah aplikasi yang ingin Anda sembunyikan. Itu dia!

Jangan khawatir, Anda tetap dapat menggunakan aplikasi meskipun disembunyikan. Cukup buka laci aplikasi, ketikkan nama aplikasi di kotak pencarian di bagian atas, dan luncurkan ketika muncul.

Petunjuk langkah demi langkah:

  • Download Nova Launcher Prime.
  • Tetapkan sebagai peluncur default Anda.
  • Buka aplikasi Pengaturan Nova.
  • Buka laci Aplikasi> Sembunyikan aplikasi .
  • Centang kotak di samping aplikasi yang ingin Anda sembunyikan.
  • Untuk menggunakan aplikasi, ketikkan namanya di kotak pencarian di laci aplikasi.
  • Perlu diingat bahwa kemampuan menyembunyikan aplikasi hanyalah salah satu dari banyak fitur yang ditawarkan oleh Nova Launcher. Peluncur akan mengubah tampilan dan nuansa UI Android Anda, yang artinya tidak untuk semua orang.

Jika Anda menginginkan alternatif gratis untuk Nova Launcher Prime, kami sarankan Anda menggunakan Apex Launcher. Secara keseluruhan tidak sebagus ini, tetapi memungkinkan Anda menyembunyikan aplikasi tanpa mengeluarkan uang sepeser pun – unduh di sini .

2. Nonaktifkan aplikasi di pengaturan

Anda dapat menghapus / menyembunyikan aplikasi dari laci aplikasi dengan menonaktifkannya, yang juga berarti Anda tidak akan dapat menggunakannya. Namun, metode ini hanya dapat digunakan dengan aplikasi sistem – aplikasi yang sudah diinstal sebelumnya di ponsel Anda dan tidak dapat dihapus. Anda tidak dapat menonaktifkan aplikasi yang telah Anda unduh dari Play Store.

Untuk menonaktifkan aplikasi, buka pengaturan perangkat Anda, pilih opsi “Aplikasi & notifikasi”, lalu ketuk “Lihat semua aplikasi”. Temukan dan buka aplikasi yang ingin Anda sembunyikan dan ketuk “Nonaktifkan” diikuti dengan “Nonaktifkan aplikasi.” Perlu diingat bahwa jalur yang tepat ke pengaturan ini mungkin sedikit berbeda berdasarkan ponsel dan versi Android Anda.

Petunjuk langkah demi langkah:

  • Buka menu Pengaturan di ponsel Anda.
  • Pilih opsi “Aplikasi & notifikasi”.
  • Tap “Lihat semua aplikasi”.
  • Temukan dan buka aplikasi yang ingin Anda sembunyikan.
  • Ketuk “Nonaktifkan” diikuti dengan “Nonaktifkan aplikasi”.

3. Cara menyembunyikan aplikasi di ponsel Samsung, OnePlus

Banyak ponsel memiliki fitur bawaan yang memungkinkan Anda menyembunyikan aplikasi yang hanya dapat dilihat oleh Anda. Kami tidak akan mencantumkan instruksi untuk setiap merek di luar sana, tetapi kami akan menunjukkan kepada Anda cara menyelesaikan pekerjaan di ponsel Samsung, OnePlus, LG, Xiaomi, dan Huawei / Honor.

Perlu diingat bahwa tidak semua ponsel dari merek yang disebutkan mendukung kemampuan untuk menyembunyikan aplikasi. Jika Anda memiliki perangkat yang lebih lama yang menjalankan versi Android yang lebih lama, fitur tersebut mungkin tidak tersedia. Jalur ke fitur mungkin juga sedikit berbeda berdasarkan ponsel dan versi OS Anda.

1. Cara menyembunyikan aplikasi di ponsel OnePlus

Fitur Ruang Tersembunyi memungkinkan Anda menyembunyikan aplikasi di ponsel OnePlus. Untuk mengaksesnya, buka laci aplikasi lalu geser ke kanan. Dari sana, ketuk ikon “+”, pilih aplikasi yang ingin Anda sembunyikan, dan ketuk tanda centang untuk menyelesaikan pekerjaan.

Anda juga dapat mengatur perlindungan kata sandi / sidik jari untuk memastikan hanya Anda yang dapat mengakses folder Ruang Tersembunyi. Untuk melakukannya, ketuk ikon di sudut kanan atas (tiga titik vertikal), pilih “Aktifkan sandi”, lalu ikuti petunjuk di layar.

Petunjuk langkah demi langkah:

  • Buka laci aplikasi.
  • Geser ke kanan untuk mengakses folder Ruang Tersembunyi.
  • Ketuk ikon “+” di pojok kanan atas.
  • Pilih aplikasi yang ingin Anda sembunyikan.
  • Ketuk tanda centang di pojok kanan atas.

2. Cara menyembunyikan aplikasi di ponsel Samsung

Menyembunyikan aplikasi di ponsel Samsung sangatlah mudah. Buka laci aplikasi, ketuk ikon di sudut kanan atas (tiga titik vertikal), dan pilih opsi “Pengaturan Layar Beranda”. Langkah selanjutnya adalah menemukan dan mengetuk opsi “Sembunyikan aplikasi”, setelah itu daftar aplikasi akan muncul di layar. Pilih aplikasi yang ingin Anda sembunyikan dan ketuk “Lamar” untuk menyelesaikan pekerjaan.

Petunjuk langkah demi langkah:

  • Buka laci aplikasi.
  • Ketuk ikon di sudut kanan atas (tiga titik vertikal).
  • Pilih opsi “Home Screen Settings”.
  • Temukan dan ketuk opsi “Sembunyikan aplikasi”.
  • Pilih aplikasi yang ingin Anda sembunyikan.
  • Ketuk opsi “Terapkan”.

3. Cara menyembunyikan aplikasi di ponsel Huawei

Anda dapat menyembunyikan aplikasi di ponsel Huawei / Honor dengan menggunakan fitur yang disebut PrivateSpace. Ini memungkinkan Anda membuat “ruang” baru atau akun di ponsel Anda dengan berbagai aplikasi, file, dll. Anda dapat mengaksesnya dengan membuka kunci ponsel dengan sidik jari yang Anda tetapkan ke ruang baru yang Anda buat.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan PrivateSpace. Buka Pengaturan> Keamanan & privasi> PrivateSpace dan ikuti petunjuk di layar. Setelah diatur, buka kunci ponsel dengan pemindai sidik jari yang Anda pilih selama pengaturan dan unduh aplikasi yang ingin Anda sembunyikan. Dengan begitu, aplikasi tersebut hanya akan tersedia di ruang terpisah dan tidak akan muncul di akun utama Anda.

Namun, Anda tidak dapat mentransfer aplikasi dari satu ruang ke ruang lain. Ini berarti bahwa untuk menyembunyikan aplikasi, Anda harus menghapusnya dari ruang utama dan kemudian mengunduhnya ke PrivateSpace Anda. Agak menyebalkan, tapi tidak akan memakan banyak waktu.

Petunjuk langkah demi langkah:

  • Buka Pengaturan> Keamanan & privasi> PrivateSpace .
  • Ikuti petunjuk di layar untuk menyiapkan PrivateSpace.
  • Buka kunci ponsel dengan sidik jari yang ditetapkan untuk mengakses PrivateSpace.
  • Unduh aplikasi apa pun yang ingin Anda rahasiakan.

4. Cara menyembunyikan aplikasi di ponsel Xiaomi

Untuk menyembunyikan aplikasi di ponsel Xiaomi Anda, Anda harus mengaktifkan fitur tersebut terlebih dahulu. Anda dapat melakukannya dengan membuka Pengaturan> Kunci aplikasi dan kemudian mengetuk ikon roda gigi di sudut kanan atas.

Langkah selanjutnya adalah menggulir ke bawah, mengaktifkan opsi “Aplikasi tersembunyi”, lalu ketuk “Kelola aplikasi tersembunyi” tepat di bawahnya. Daftar aplikasi akan muncul dan yang harus Anda lakukan hanyalah mengetuk yang ingin Anda sembunyikan. Hanya itu yang ada untuk itu.

Untuk mendapatkan akses ke aplikasi tersembunyi, cubit di layar beranda lalu gunakan sidik jari Anda untuk membuka kunci folder.

Petunjuk langkah demi langkah:

  • Buka Pengaturan> Kunci aplikasi dan ketuk ikon roda gigi.
  • Aktifkan opsi “Aplikasi tersembunyi”.
  • Ketuk opsi “Kelola aplikasi tersembunyi”.
  • Pilih aplikasi yang ingin Anda sembunyikan.

5. cara menyembunyikan aplikasi di ponsel LG

Ada dua cara untuk menyembunyikan aplikasi di ponsel LG Anda. Yang pertama digunakan jika Anda tidak mengaktifkan laci aplikasi, sedangkan yang kedua akan berfungsi jika Anda melakukannya. Mari kita mulai dengan yang pertama.

Buka pengaturan di ponsel Anda dan ketuk opsi “Layar Beranda” yang terletak di bawah tab “Tampilan”. Sebagai alternatif, Anda juga dapat menekan lama pada layar beranda dan memilih opsi “Pengaturan layar Beranda” untuk mempercepat. Langkah selanjutnya adalah membuka menu “Sembunyikan aplikasi”, ketuk aplikasi yang ingin Anda sembunyikan, lalu pilih opsi “Selesai”.

Petunjuk langkah demi langkah:

  • Tekan lama di layar beranda.
  • Pilih opsi “Pengaturan layar Beranda”.
  • Ketuk “Sembunyikan aplikasi”.
  • Pilih aplikasi yang ingin Anda sembunyikan.
  • Ketuk opsi “Selesai”.
  • Jika Anda mengaktifkan laci aplikasi, prosesnya sedikit berbeda. Anda tidak akan menemukan opsi “Sembunyikan aplikasi” di pengaturan. Sebagai gantinya, yang harus Anda lakukan adalah membuka laci aplikasi, ketuk ikon di pojok kanan atas (tiga titik vertikal), lalu pilih opsi “Sembunyikan aplikasi”. Dari sana, pilih aplikasi yang ingin Anda sembunyikan dan ketuk “Selesai”.

4. Cara menyembunyikan foto dan menyembunyikan file di ponsel Android apa pun

Sama seperti menyembunyikan aplikasi, kami akan menunjukkan dua metode untuk menyembunyikan foto dan file yang dapat digunakan di ponsel apa pun. Keduanya menyelesaikan pekerjaan tetapi dengan cara yang sangat berbeda.

Kedua metode ini mengharuskan Anda mengunduh aplikasi dari Play Store, tetapi kabar baiknya adalah keduanya gratis.

1. Gunakan aplikasi GalleryVault

Seperti yang Anda ketahui dari namanya, aplikasi ini berfungsi sebagai brankas untuk gambar Anda serta file lainnya. Anda dapat memindahkan file yang hanya untuk Anda lihat dari galeri dan aplikasi lain ke GalleryVault, di mana Anda dapat mengaksesnya dengan kode pin atau sidik jari Anda. Ini adalah aplikasi gratis – dapatkan di sini – tetapi didukung oleh iklan yang dapat mengganggu.

Setelah Anda mengunduh aplikasi, buat akun dan ketuk tombol “+” di sudut kanan bawah. Pilih apakah Anda ingin menambahkan gambar dan video atau file lainnya. Kemudian cukup pilih file yang ingin Anda simpan dengan aman, ketuk “Tambah,” dan pilih folder tempat Anda ingin meletakkannya. Hanya itu saja!

Petunjuk langkah demi langkah:

  • Unduh aplikasi GalleryVault dan buat akun.
  • Luncurkan aplikasi dan tekan tombol “+” di pojok kanan bawah.
  • Pilih jenis file yang ingin Anda tambahkan ke vault (gambar, file…).
  • Pilih file.
  • Ketuk opsi “Tambahkan”.
  • Pilih folder tempat Anda ingin menyimpan file.

2. Gunakan AppLock

Jika Anda tidak ingin memindahkan gambar dan file lain dari satu tempat ke tempat lain, aplikasi seperti AppLock adalah pilihan yang lebih baik untuk Anda. Ini memungkinkan Anda untuk mengunci aplikasi apa pun di ponsel Anda dan mengaksesnya dengan sidik jari Anda.

Misalnya, Anda dapat mengunci Galeri dan aplikasi Google Foto, jadi meskipun seseorang bermain-main dengan ponsel Anda, mereka tidak dapat melihat foto dan file yang Anda miliki di ponsel karena aplikasi terkunci.

Untuk memulai, unduh AppLock dari Play Store , buka, lalu ikuti petunjuk di layar untuk mengaturnya. Untuk mengunci aplikasi, gulir ke bawah hingga Anda melihat daftar aplikasi yang ada di ponsel Anda lalu ketuk aplikasi yang ingin Anda lindungi.

Kami juga menyarankan agar Anda mengaktifkan kunci sidik jari untuk menghindari penggunaan pola yang diatur secara default. Anda dapat melakukannya dengan menuju ke tab “Lindungi” dalam aplikasi dan kemudian mengetuk opsi “Kunci Sidik Jari”.

Petunjuk langkah demi langkah:

  • Unduh AppLock dan atur.
  • Gulir ke bawah dan ketuk aplikasi yang ingin Anda lindungi.
  • Aktifkan “Kunci Sidik Jari” di bawah tab “Lindungi”.

Sekian cara menyembunyikan aplikasi, foto, aplikasi, dan file lain di ponsel Android. Jika ada pertanyaan bisa ajukan di komentar di bawah yaa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here