Cara Mengetahui HP Asli dan Palsu – Seiring dengan perkembangan zaman, kebutuhan akan HP android pun saat ini juga semakin marak. Dengan maraknya HP di pasaran ini memberikan keuntungan bagi konsumen karena dapat dengan mudah memilih HP yang sesuai dengan kebutuhannya.

Akan tetapi, di zaman serba modern seperti sekarang ini, industri teknoloi seperti smartphone pun tak luput dari kecurangan. Beberapa pihak yang tidak bertanggung jawab membuat replika ponsel android berlabel merek global. Sehingga banyak konsumen smartphone yang merasa dirugikan karena telah membeli produk palsu. Lantas, bagaimana cara untuk mengetahui apakah HP yang hendak dibeli adalah asli atau palsu ? Berikut cara untuk membedakan keduanya.

BACA : 6 Tips Memilih Smartphone Terbaik untuk Gaming

Berikut Beberapa Cara Mengetahui HP Asli dan Palsu

1. Mengecek Langsung Bentuk Fisik HP

Cara pertama untuk mengetahui apakah Hp android termasuk palsu atau bukan adalah dengan mengecek langsung bentuk fisik HP. Sebaiknya sebelum anda membeli sebuah HP maka anda harus mengecek nformasi singkat tentang ponsel tersebut, bisa melalui searching di google. Nah, dengan begitu anda bisa dapat mengetahui bentuk fisik dan material yang digunakan oleh HP tersebut.

2. Pastikan Nomor IMEI

Cara Mengetahui HP Asli dan Palsu yang kedua adalah pastikan nomor IMEInya. Setiap HP android pastilah memiliki nomor IMEI. Nah, untuk itu sebelum anda membeli HP tersebut maka tak ada salahnya untuk mengecek nomor IMEInya dengan menekan tombol *#06#. Setelah nomor IMEI keluar, maka anda dapat mencocokkannya dengan nomor yang tertera di kotak penjualan. Akan tetapi, jika anda masih belum yakin, nomor IMEI dapat anda cek langsung di situs imei.info. Nah, pada situs tersebut nantinya akan dimunculkan informasi lebih mengenai ponsel yang anda maksud.

3. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Cara Cara Mengetahui HP Asli dan Palsu selanjutnya yaitu menggunakan aplikasi pihak ketiga. Untuk mengetahui apakah HP yang akan anda beli adalah asli atau palsu yaitu dengan menggunakan aplikasi gratis yang telah tersedia di Google Play Store. Beberapa aplikasi yang dapat anda gunakan untuk mengetahui informasi pasti tentang HP android adalah CPU-Z dan AnTuTu Benchmark.

Aplikasi CPU-Z dapat anda gunakan untuk mengetahui infromasi dan spesifikasi seputar HP android tersebut. Sedangkan aplikasi AnTuTu berfungsi untuk menguji benchmark sebuah HP android. Hasil pengujian tersebit biasanya akan disertakan data dan performa smartphone. Nah, setelah anda memperoleh infromasi dan hasil pengujian tersebut, anda bisa membandingkannya dengan infromasi dari sumber lain seperti di internet.

4. Uji Kamera

Anda dapat menjadikan kamera sebuah ponsel android sebagai indikator apakah HP tersebut asli atau palsu. Ya, salah satu yang tak lepas dari kemampuan sebuah android berkamera adalah kualitasnya. Sebelum anda membeli HP android, anda harus memiliki informasi tentang spesifikasi kameranya.

Nah, dari sanalah anda dapat membandingkan gambar hasil tangkapan dengan spesifikasi kamera yang diusung. Nah, jika hasilnya mencerminkan kualitas kamera dengan spesifikasi yang ada adalah sama maka dapat dipastikan ponsel tersebut adalah asli.

5. Jangan Tergiur Harga Murah

Nah, langkah terakhir untuk dapat memastikan sebuah smartphone asli atau palsu yaitu sebaiknya anda tidak tergiur dengan HP android kelas atas yang dijual dengan harga murah. Lalu bagaiman tindakan terbaik ? Ya, anda harus memastikan harga di pasaran dengan penawaran yang diberikan. Apabila harga yang ditawarkan jauh berbeda dengan harga di pasaran, maka anda sudah sewajarnya harus curiga karena ponsel tersebut bisa saja adalah palsu.

Demikianlah informasi beberapa Cara Mengetahui HP Asli dan Palsu yang harus anda ketahui agar tidak mudah tertipu oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Semoga bermanfaat ya!

Author

Blogger biasa yang selalu penasaran dengan hal yang baru

Write A Comment