Cara Membuat Hak Cipta di Youtube

0
Cara Membuat Hak Cipta di Youtube

Cara Membuat Hak Cipta di Youtube – Memahami perlindungan hak cipta akan membuat anda dapat mengelola konten dan menghormati hak orang lain di youtube. Untuk itulah mengapa hak cipta ini merupakan hal penting yang dimiliki oleh setiap youtuber yang menciptakan konten. Sebenarnya apa sih hak cipta itu ?

Hak cipta adalah hak eksklusif bagi pencipta atau penerima hak. Memiliki tujuan untuk mengumumkan atau memperbanyak ciptaannya atau memberi izin untuk itu dengan tidak mengurangi pembatasan-pembatasan menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Lalu, bagaimana cara membuat hak cipta di Youtube ? Mungkin sebagian orang beranggapan bahwa hak cipta sejatinya tidak perlu didaftarkan. Bagi para youtuber yang menciptakan konten bisa langsung mengedarkan atau menyebarkan ciptaannya kepada khalayak umum. Akan tetapi, ketika ditengah jalan terjadi klaim dari orang lain atau terjadi masalah hukum, maka tidak akan memiliki pegangan yang kuat untuk melawan di pengadilan nantinya.

BACA: Cara Membuat Channel Youtube Dengan SEO Friendly

Hal inilah yang menjadi alasan mengapa membuat hak cipta dan mendaftarkannya adalah hal penting. Nah, jika anda adalah salah seorang youtuber yang ingin mengurus hak cipta untuk konten anda, maka artikel kali ini akan diulas mengenai cara membuat hak cipta di youtube. Dengan begitu, anda bisa mendapatkan hak cipta secara mudah.

Untuk mendapatkan hak cipta yang legal tentunya harus memenuhi syarat. Syarat yang telah ditentukan oleh lembaga berwenang haruslah memenuhi syarat dan lengkap. Hal ini mengacu pada payung hukum hak cipta yaitu UU nomor 20 tahun 2014 dan sejumlah peraturan serta keputusan dari lembaga yang berwenang. Nah untuk penjelasan lebih rinci simak uraian berikut ini.

Berikut Cara Membuat Hak Cipta di Youtube

1. Surat Permohonan

Pemilik cipta atau pemegang kuasa wajib mengajukan surat permohonan kepada Direktorat Jenderal HAKI. Surat permohonan tersebut ditulis menggunakan Bahasa Indonesia dan menyertakan sebanyak rangkap dua.

Surat permohonan juga disertai dengan hasil ciptaan untuk digunakan sebagai contoh. Misalnya saja, ciptaan yang akan didaftarkan adalah lagu. Maka anda perlu menyertakan 10 buah yang berisi syair dan notasi.

2. Formulir Permohonan

Cara Membuat Hak Cipta di Youtube Selanjutnya adalah pemohon hak cipta wajib mengisi formulir yang telah Direktorat Jenderal HAKI sediakan. Formulir tersebut harus disertai dengan materi supaya tidak terhutang pajak.

3. Identitas

Identitas yang disertakan dapat berupa fotokopi KTP pemohon. Namun apabila hak cipta diajukan oleh suatu perusahaan atau berbadan hukum, maka identitasnya harus disertakan akta legalitas, seperti akta perusahaan. Dan apabila pengajuan hak cipta ini dilakukan oleh orang selain calon pemegang hak cipta, maka perlu disertakan pula fotokopi KTP ataupun paspor pemegang kuasa dan juga surat kuasanya.

4. Pembayaran

Prosedur membuat hak cipta selanjutnya ialah dengan melakukan pembayaran pengurusan hak cipta.

Begitulah cara membuat hak cipta di youtube yang sebenarnya tidak wajib untuk dirus namun penting untuk dilakukan. Prosedur untuk membuatnya cukup mudah asalkan semua syarat terpenuhi. Jika sudah terpenuhi, maka pihak dari Direktorat Jenderal HAKI akan menerima dan mendata pendaftaran hak cipta anda. Setelah itu akan dimasukkan juga di dalam daftar umum hak cipta di Indonesia yang dapat dilihat oleh siapapun tanpa dikenakan biaya.

Suatu hak cipta memang akan melekat secara otomatis pada orang yang menciptakannya. Namun agar lebih aman untuk urusan komersial, pembuatan hak cipta sangat perlu diurus. Nah, bagi anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk mengurus perizinan pembuatan hak cipta, maka ada solusinya. Ya, dengan menyerahkan pada penyedia jasa pengurusan perizinan termasuk izin hak cipta, pembuatan hak cipta dapat terurus dengan baik. Sangat mudah bukan ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here