Bagaimana Sih Cara Membuat Artikel Yang Baik dan Benar? Apakah Sesulit itu?

Bagaimana Sih Cara Membuat Artikel Yang Baik dan Benar? Apakah Sesulit itu? – Ada banyak jenis artikel yang berbeda, termasuk berita, fitur, profil, artikel instruksional, dan sebagainya. Meskipun masing-masing memiliki kualitas khusus yang unik untuk jenisnya, semua artikel memiliki beberapa karakteristik umum. Dari membentuk dan meneliti ide Anda hingga menulis dan mengedit karya Anda, menulis artikel dapat memberi Anda kesempatan untuk berbagi informasi yang menarik dan penting dengan pembaca.

Saat ini sebagian besar orang pintar menulis. Khususnya pintar tuliskan kalimat dalam sosial media seperti instagram, facebook, dan lain sebagainya dan tanpa mereka ketahui mereka sanggup menulis. Tapi cuman sedikit saja yang bisa tuangkan tulisannya secara baik. Tulisan atau artikel yang bagus yakni bisa berpengaruh atau berguna pada pembacanya. Bila anda ingin menulis artikel secara baik, karena itu di sini kita akan belajar bagaimanakah cara menulis artikel secara baik dan menarik? Bagaimana pembaca tertarik sama artikel kita?

Kemungkinan bila Anda ingin jadi seorang blogger Anda harus sanggup dan memahami betul cara membuat artikel dengan teratur. Kemungkinan kemauan itu akan susah terwujud bila Anda tidak memiliki kekuatan membuat artikel. Tetapi, tidak boleh cemas karena bila Anda ingin belajar dan usaha tentu Anda dapat menulis artikel yang memikat buat dibaca.

Berikut Cara Membuat Artikel Yang Baik dan Benar yang wajib anda ketahui

Artikel ialah satu karya tulis dengan panjang tertentu yang berisi ide atau bukti yang bisa merayu, memberikan keyakinan, mendidik, dan melipur pembacanya, dan dipublikasi ke satu media (buletin, majalah, koran, web, sosial media, dan yang lain). Ada pula yang mengatakan makna artikel ialah satu cerita berbentuk esai yang didalamnya sampaikan beberapa ide atau bukti-bukti secara obyektif, di mana maksudnya untuk memberikan keyakinan, merayu, dan melipur pembacanya.

cara membuat artikel

Artikel berisi banyak info yang dapat kita peroleh, apa lagi sekarang ini di jaman dengan perubahan tehnologi yang cepat ini karena itu untuk memperoleh info artikel dapat memiliki banyak sumber yang bermacam dan yang pasti memiliki banyak pemikiran yang dapat kita gunakan.

BACA : Cara Membuat Blog Untuk Pemula

1. Ketahui tipe artikel yang ingin Anda catat

Saat Anda cari tahu topik dan konsentrasi Anda, pikir tipe artikel yang paling sesuai point yang ingin Anda berikan. Beberapa macam artikel lebih pas untuk topik tertentu. Beberapa macam artikel yang umum ialah:

  • Informasi: Tipe artikel ini menyuguhkan bukti mengenai suatu hal yang terjadi belakangan ini atau yang bakal terjadi dalam kurun waktu dekat. Umumnya meliputi 5 W dan H: siapa, apa, di mana, kapan, kenapa, dan bagaimana.
  • Feature: Tipe artikel ini menyuguhkan info secara lebih inovatif dan preskriptif dibanding artikel informasi langsung. Ini dapat berbentuk artikel mengenai seorang, peristiwa, tempat, atau subyek yang lain.
  • Editorial: Artikel ini menyuguhkan opini penulis mengenai satu topik atau diskusi. Ini ditujukan untuk merayu pembaca untuk berpikiran dengan tertentu mengenai satu topik. [1]
  • How-to: Artikel ini memberinya perintah dan info yang terang mengenai langkah menuntaskan beberapa pekerjaan.
  • Profile: Artikel ini menyuguhkan info mengenai seorang, memakai info yang umumnya dihimpun oleh penulis lewat interviu dan riset background.

2. Pikir topik Yang Ingin Anda Gunakan

cara membuat artikel selanjutnya adalah dengan membuat daftar topik prospektif. Anda kemungkinan ingin menulis mengenai imigrasi atau makanan organik atau tempat penampungan hewan di tempat. Untuk membuat artikel yang koheren tetapi singkat, Anda perlu mempersempit topik.[2]Ini akan memberikan Anda suatu hal yang lebih detil untuk dicatat, yang bakal menulis artikel jadi lebih kuat. Tanya dalam diri Anda beberapa pertanyaan ini:

  • Apa yang memancing ketertarikan Anda mengenai topik ini?
  • Apa hal yang umumnya diacuhkan orang?
  • Apa yang Anda ingin orang tahu mengenai topik ini?
  • Misalkan, bila Anda ingin menulis mengenai pertanian organik, Anda bisa berbicara dalam diri sendiri, “Saya berpikir penting untuk ketahui apakah arti cap organik pada paket makanan. Ini dapat benar-benar memusingkan untuk ketahui apakah arti semuanya.”

3. Bikinlah Artikel Dengan Singkat Tetapi Masih tetap Jelas Pointnya

Cara membuat artikel selanjutnya adalah denganmenulis artikel yang bagus upayakan dapat mempersingkat kalimat, dengan konsentrasi memberikan beberapa poin penting. Karena sebuah artikel yang bagus cuman memerlukan beberapa kalimat efisien yang mana tidak mengulang-ulang-ngulang kalimat. Seperti kalimat yang terlampau mengarah kemana saja tidak langsung pada poin nya yang terang dan langsung pada maksudnya mempunyai kesan-kesan dan berguna sebagai komponen penting pada suatu artikel yang bagus.

4. Beri Isi Yang Memiliki bobot

Kerap kali kita menemui artikel yang pada judul benar-benar mengagumkan dan ramai yang maksudnya supaya web atau artikel nya bisa pengunjung yang banyak, tapi saat menyaksikan isi pada artikelnya cuman berisi kalimat kosong tidak ada nilainya yang dapat kita mengambil. Artikel ini tidak berguna untuk pembaca disamping itu buang-buang tenaga dan waktu untuk beberapa pembaca. Oleh karena itu tulislah artikel atau content yang memiliki makna dan untuk memberinya pengetahuan. Berikanlah jawaban yang memiliki bobot pada beberapa pembaca dalam suatu artikel seperti jawab pertanyaan mereka, maksudnya supaya mereka memahami.

5. Buatlah Paragraf yang Tidak Terlalu Panjang Namun juga Tidak Terlalu Sedikit

Cara menulis artikel ini penting untuk jadi perhatian karena ini penting supaya tulisan Anda sesuai topik dan tidak melebar kemana saja. Pada sebuah paragraf, bikinlah optimal 4 kalimat. Bila ini bisa Anda kerjakan, Anda akan terlatih untuk jaga tulisan Anda supaya bisa membandingkan yang mana dipandang penting dan dipandang tidak penting. Tidak boleh terdiam dalam jumlah kata saat meulis artikel, Anda dapat coba buat kalimat yang tidak begitu panjang tetapi terang dan gampang dipahami.

6. Dapatkan sudut yang unik dari sisi anda

Saat Anda sudah putuskan topik Anda dan Anda sudah mempersempitnya jadi suatu hal yang lebih detil, pikir mengenai bagaimana Anda bisa menulis artikel ini mencolok.[3]Jika Anda membuat artikel mengenai suatu hal yang dicatat seseorang, coba jadi unik dalam langkah Anda dekati materi. Anda harus menambahkan pembicaraan, tidak berada di sebelahnya.

Misalkan, untuk topik makanan organik, Anda kemungkinan fokus pada satu konsumen bahan makanan yang tidak pahami cap makanan organik. Pakai anekdot pembuka itu untuk arahkan ke argument khusus Anda, yang dikenali sebagai “diagram kacang”, yang meringkas gagasan atau pemikiran unik Anda.

7. Pertajam argument Anda.

Dalam umumnya artikel, penulis membuat argument. Ini ialah dorongan khusus dari artikel ini. Selanjutnya penulis mendapati bukti untuk memberikan dukungan argument ini. Untuk menulis artikel yang berkualitas, Anda membutuhkan argument yang berkualitas. Sesudah Anda tentukan pojok unik Anda, Anda betul-betul bisa mengincar argument yang Anda coba bikin.

Misalkan, bila Anda menulis mengenai bagaimana seorang belajar membaca cap organik, argument keseluruhnya Anda kemungkinan ialah jika khalayak perlu mengetahui jika banyak beberapa perusahaan salah gunakan cap organik. Ini mengakibatkan praktek tidak bisa dipercaya ​​dalam iklan produk. Topik lain kemungkinan: penting untuk ketahui siapakah pemilik media lokal Anda.

Bila organisasi media korporat mempunyai media massa lokal Anda, Anda kemungkinan memperoleh liputan media yang sedikit di wilayah Anda dan tidak paham banyak mengenai komune Anda sendiri.
Catat argument Anda pada sebuah kalimat. Lekatkan di dekat computer atau tempat menulis Anda. Ini akan menolong Anda masih tetap konsentrasi saat Anda mulai kerjakan artikel Anda.

Sekian artikel mengenai Cara Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Leave a Comment