Tips Cara Memaksimal Kinerja Adobe Premiere Pro

Cara Memaksimal Kinerja Adobe Premiere Pro – Adobe Premiere Pro CC tentu saja bukan Aplikasi edit video yang paling stabil atau bebas dari kinerja buruk di pasaran, tetapi aplikasi ini adalah salah satu alternatif perangkat lunak yang tercepat, powerful, dan mudah dalam encodec.

Kegunaan, user interface, dan kemampuan adobe Premiere Pro sudah tidak bisa diragukan lagi tetapi bukanlah aplikasi sempurna, Premiere Pro terkadang rentan terhadap kinerja yang lambat.

Apakah Anda perlu melakukan editing video yang sangat cepat? Apakah Premiere Pro agak lambat berjalan pada pc anda? Lalu bagaimana cara mengoptimalkan kinerja Premiere Pro? Jangan khawatir! Berikut adalah beberapa tips dan trik untuk mengoptimalkan dan memaksimalkan kinerja Premiere Pro dalam waktu singkat

BACA:

Berikut Cara Memaksimal Kinerja Adobe Premiere Pro

1. Aktifkan Kinerja Pratinjau GPU

Premiere dapat melihat preview video secara realtime dalam 3 cara berbeda: CPU (software only), OpenCL (kartu grafis AMD), dan CUDA (kartu grafis Nvidia). Secara default, only software yang dipilih karena tidak semua sistem memiliki kartu grafis. Jika sistem Anda tidak memiliki GPU (kartu grafis) khusus, maka Anda tidak akan dapat memilih opsi Akselerasi GPU dan Anda akan dipaksa untuk tetap menggunakan pengaturan only software.

Jika Anda memiliki GPU khusus, yang pastinya lebih baik kinerjanya, maka Anda harus memilih opsi Akselerasi GPU. Untuk mengubah pengaturan ini, buka Pengaturan File/Project Settings/General… lalu gunakan menu tarik-turun Renderer untuk memilih preferensi Anda. Jika Anda memiliki GPU AMD, pilih rendering OpenCL. Jika Anda memiliki GPU Nvidia, pilih CUDA.

cara Memaksimal Kinerja Adobe Premiere Pro

Perhatikan bahwa GPU Nvidia dengan menggunakan CUDA akan memiliki kinerja yang lebih baik, jadi belilah kartu yang memiliki jumlah CUDA tertinggi yang Anda mampu. Juga, jika Anda memiliki GPU Nvidia, pastikan untuk menginstal driver CUDA dan tetap perbarui jika ada update terbaru. Nvidia CUDA sejauh ini performanya sangat menjanjikan.

Banyak efek dalam Adobe Premiere Pro memerlukan akselerasi GPU untuk dirender dengan benar. Jika ini tidak diaktifkan, Anda akan menemukan pemutaran tersendat atau Anda akan mendapatkan peringatan yang menunjukkan waktu pemutaran yang lama.

2. Arahkan Cache Media ke Drive lain

Cache media mungkin mengarah ke drive OS Anda saat ini. Ini tidak optimal untuk kinerja Premiere Pro. Anda ingin drive OS berfokus pada drive yang terpisah. Sebenarnya meskipun menggunakan media cache bisa berfungsi dengan baik, tetapi tidak optimal untuk kinerja karena Anda ingin drive OS Anda difokuskan untuk memberikan kinerja baca/tulis terbaiknya ke OS dan aplikasi Anda. Sebaiknya arahkan ke drive eksternal karena ini akan membantu cache lebih efisien.

Premiere Pro akan menyimpan berbagai file render dan data lainnya dalam folder Cache . Jika Anda membiarkannya menumpuk, hard drive Anda akan dipenuhi dengan data lama atau yang tidak terpakai senilai gigabyte.

Penyimpanan yang rendah dapat memengaruhi kinerja aplikasi, termasuk Premiere Pro, sehingga membersihkan basis data cache dapat membantu mengurangi masalah kinerja.

Selain itu, dengan pengaturan Media Cache, Anda dapat mengaktifkan opsi yang secara otomatis menghapus file cache Anda setelah jangka waktu tertentu, atau ketika cache menjadi ukuran tertentu.

Cukup buka Preferences > Media Cache – lalu ubah drive yang dituju juga.

3. Kurangi resolusi preview pada timeline

Adobe Premiere melakukan yang terbaik untuk mempratinjau timeline Anda secara realtime sehingga Anda tidak perlu mentranskode video atau menunggu pratinjau render. Namun, terkadang dengan komputer dan GPU yang cepat, terkadang apa yang ada di timeline Anda agak terlalu banyak untuk ditangani dan alhasil anda akan melihat video yang tersendat-sendat dan kinerja yang lambat.

cara Memaksimal Kinerja Adobe Premiere Pro

Jika ini terjadi, coba kurangi resolusi pratinjau Anda yang terletak di jendela monitor Program Anda. Melakukan hal ini biasanya diperlukan jika file mentahannya adalah RAW, kecuali pc Anda memiliki spesifikasi yang gahar.

Dengan mengurangi resolusi versi pemutaran Anda, ini akan membantu mempercepat kegunaan Premiere Pro dan juga kecepatan pemutaran. Bahkan setelah melakukan beberapa pengoptimalan, Anda mungkin menemukan kecepatan pemutaran sedikit lambat di Premiere Pro, tetapi ada perbaikan mudah untuk ini.

Pada layar pemutaran Anda, pilih tab “Playback resolution” dan pindahkan dari resolusi penuh ke 1/2 atau 1/4. Ini akan terlihat 1/2 atau 1/4 dari kualitas tetapi akan memutar video jauh lebih cepat, dan ini hanya untuk tujuan pengeditan saja kok, ekspor akan tetap berada pada kualitas tertinggi yang sudah disetting.

4. Render Timeline saat Preview

Cara Memaksimal Kinerja Adobe Premiere Pro terakhir adalah dengan render into out. Jika Anda mengalami pelambatan di Premiere selama pemutaran, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk merender linimasa Anda. Sederhananya, Premiere akan melihat semua yang ada di timeline Anda, dan akan meluangkan waktu untuk merender file video pratinjau.

Bagian timeline Anda yang dirender akan ditandai dengan bilah hijau. Premiere pro seharusnya tidak mengalami kesulitan dalam memutar ulang video pra-render Anda.

Sekian Artikel mengenai Cara Memaksimal Kinerja Adobe Premiere Pro

Leave a Comment