Cara Mengatasi Masalah Edit Video dan Audio Tidak SInkron pada Adobe Premiere Pro CC

1

Cara Mengatasi Masalah Edit Video dan Audio Tidak SInkron pada Adobe Premiere Pro CC – Halo teman teman dan selamat datang kembali di blog saya mymacsense. pada postingan yang lalu kita telah membahas tentang 5 syarat penting untuk menjadi youtuber yang sukses. Nah dalam membuat channel youtube pasti ada saja permasalahan yang akan kita hadapi nantinya ketika mulai membuat sebuah video yang akan kita upload di youtube kita. Kali ini kita akan membahas cara mengatasi masalah video dan audio tidak sinkron pada Adobe Premiere Pro.

Pernahkah kalian mendapat sebuah masalah dalam mengedit video di premiere pro cc, seperti audio dan video yang tidak sinkron padahal pada video mentahannya nomal normal saja? Salah satu masalah yang paling sering di alami oleh youtuber-youtuber yang baru memulai channelnya adalah tidak sinkronnya video dengan audio yang akan kita edit. Dan kalian pasti bertanya tanya Mengapa beberapa video yang di-import ke Adobe Premiere akan kehilangan sinkronisasi antara audio dan video-nya? Misalnya saja kamu merekam layar smartphone atau komputer menggunakan software screen recorder bawaan maupun yang diinstall. Tidak ada masalah pada video yang dihasilkan, tetapi ketika video di-import ke dalam Adobe Premiere cc, audio akan menjadi tidak sinkron dengan video dan kita kesulitan dalam mengedit video tersebut karena audio bisa terlalu cepat atau juga terlalu lambat, sebesar apapun usaha kita untuk menyelaraskan video tersebut, pasti ada saja step atau frame yang audionya tidak sinkron.

Hal seperti ini sering terjadi dan sangat lumrah dikarenakan adanya perbedaan jenis frame rate pada sebuah video. Ada 2 jenis frame rate yang digunakan pada file video, yaitu CFR (Constant Frame Rate) yaitu video dengan Constant Frame Rate akan memiliki jumlah frame yang sama tiap detiknya. dan VFR (Variable Frame Rate) yaitu Video dengan Variable Frame Rate, memiliki jumlah frame rate yang dapat naik maupun turun saat video dimainkan. Permasalahan VFR masih sering terjadi bagi para youtuber ataupun editor video yang menggunakan Adobe Premiere Pro CC.

Sampai saat ini, Adobe Premiere Pro sepertinya belum secara maksimal mendukung video dengan jenis VFR. Frame per second (FPS) yang berjalan dengan nilai yang berbeda-beda sepanjang video berjalan, mengakibatkan hilangnya sinkronisasi antara audio dan video saat di import ke dalam Adobe Premiere pro. Padahal diluar Adobe Premiere, video berjenis VFR tetap bisa berjalan normal tanpa masalah audio yang losing/out of sync. Nah masalah ini yang akan kita bahas pada artikel kali ini, simak terus ya

Berikut 4 Langkah Ampuh Mengatasi masalah Edit Video dan Audio yang Tidak Sinkron di Adobe Premiere Pro CC

1. Install Software Apple QuickTime untuk Windows.

Silahkan teman teman download software Apple QuickTIme yang bisa di download di SINI. Kenapa menggunakan Apple QuickTime? karena Apple QuickTime adalah software media codec. Fungsinya kurang lebih sebagai penunjang agar OS Windows dapat membuka beberapa format file yang umumnya digunakan pada Mac OS.

Cara mengatasi audio dan video yang tidak sinkron

2.Buka “FIle Name Extensions”

Teman teman silahkan buka Window File Explorer, kemudian aktifkan atau centang opsi “File name extensions” untuk menampilkan nama format dari setiap file yang ada dalam komputer kita

3. Rename File yang akan diedit

Silahkan teman teman rename video yang akan diedit dan bermasalah pada bagian audio dan videonya yang tidak sinkron, sebelum di import ke Adobe Premiere pro, rename atau ganti ekstensi video menjadi “.dif”. Sebagai Contoh dari ” namafile.mp4 ” menjadi “namafile.dif “.

Cara rename file mp4

4.Refresh folder

Setelah di rename, teman teman silahkan refresh folder tersebut, jangan khawatir bila logo videonya berubah, karena hanya sebagai simbol bahwa Apple QuickTime telah membaca file tersebut. silahkan teman teman import video yang telah di rename tersebut ke adobe premire pro cc dan silahkan mengedit sepuasnya.

Sebagai catatan, Tanpa software Apple QuickTime, Adobe Premiere Pro tidak dapat membaca format “.dif ” yang di import ke dalamnya. Jika komputer kalian sudah menggunakan Mac OS, mungkin kalian tidak butuh lagi untuk menginstall QuickTime dan silahkan lompat ke langkah untuk rename format file video ke dalam bentuk “.dif “. Kalian dapat me-rename kembali format file (file extension) dari file video tersebut seperti semula setelah selesai digunakan/diproses dalam editing video.

Sekian dulu artikel mengenai Cara Mengatasi Masalah Video dan Audio Tidak SInkron pada Adobe Premiere Pro CC, semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan ke teman teman kalian.

1 COMMENT

  1. Saya mau nanya, saya sudah menginstall apple quicktime tp tetep aja gak bisa di import ke premiere. Apa solusinya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here