10 Aplikasi Perekam Layar Terbaik untuk Android yang Dapat Anda Coba

10 Aplikasi Perekam Layar Terbaik untuk Android yang Dapat Anda Coba – Beberapa Seri Android sudah hadir dengan perekam layar bawaan, tetapi kekurangan beberapa fitur lanjutan. Misalnya, perekam layar asli tidak mengizinkan Anda menyesuaikan kecepatan frame rate atau kecepatan bit, menambahkan kamera selfie ke perekaman, memilih resolusi yang lebih tinggi, merekam audio internal, dan banyak lagi. Jika Anda adalah seseorang yang menginginkan semua fitur ini, Anda datang ke tempat yang tepat.

Pada artikel ini, kami menghadirkan 10 aplikasi perekaman layar terbaik untuk Android. Kami memberikan penekanan khusus pada perekam layar yang tidak menampilkan terlalu banyak iklan, mendukung audio internal, tidak menambahkan watermark, dan menampilkan editor video ringan. Jadi tanpa menunda lagi, mari kita lihat aplikasi terbaik untuk perekaman layar di Android.

Berikut 10 Aplikasi Perekam Layar Terbaik untuk Android yang Dapat Anda Coba

1. Native Screen Recorder

Sebagian besar pengguna tidak membutuhkan fitur mewah. Yang mereka inginkan hanyalah perekam layar sederhana yang berfungsi dengan baik dan mendukung semua fitur dasar. Jadi, jika Anda menginginkan perekam layar yang tidak merepotkan untuk Android, Anda tidak perlu memasang aplikasi pihak ketiga. Seperti yang saya sebutkan di atas, hampir semua Android hadir dengan perekam layar bawaan. Bahkan Google membawa perekam layar asli dengan Android 11 , memberikan penggemar ponsel Android fitur penting ini. Inilah cara Anda dapat menggunakan perekam layar asli di perangkat Android Anda.

  • Stock Android (Android 11 dan lebih tinggi) : Jika Anda menggunakan Pixel atau smartphone Android One dari Motorola, Nokia, dll., Buka panel Pengaturan Cepat dan ketuk ikon edit (pena). Gulir ke bawah dan cari “Rekam Layar”. Seret ke panel Pengaturan Cepat. Sekarang, ketuk kapan pun Anda ingin memulai perekaman layar dari panel Pengaturan Cepat. Ini juga mendukung audio internal, mikrofon, atau keduanya.
  • MIUI : Ponsel Xiaomi telah memiliki perekaman layar sejak MIUI 8 hari. Anda hanya perlu membuka panel Pengaturan Cepat untuk menemukan ubin perekaman layar. Jika tidak tersedia, ketuk “Edit” dan pindahkan ubin “Perekam Layar” ke panel QS. Ketuk di atasnya untuk mulai merekam layar. Bagian terbaik tentang perekam layar MIUI adalah ia mendukung banyak fitur seperti pemilihan frekuensi gambar, kemampuan untuk memilih sumber suara, dan banyak lagi.
  • Realme UI dan ColorOS : Realme UI dan ColorOS juga menawarkan opsi perekaman layar dari menu Pengaturan Cepat. Jika ubin tidak tersedia, ketuk ikon edit dan pindahkan Perekaman Layar ke bagian QS. Untuk opsi lanjutan, ketuk dan tahan ubin “Perekaman Layar”. Lihat cara menyaring rekaman dengan audio internal di Realme UI di sini.
  • One UI : Mirip dengan skin Android lainnya, One UI juga dilengkapi dengan perekam layar bawaan. Sekali lagi, buka panel Pengaturan Cepat untuk menemukan opsi Perekam layar. Jika ubin hilang, ketuk ikon 3 titik dan buka “Tata letak Panel Cepat”. Di sini, gulir ke bawah dan seret ubin perekam layar ke panel QS aktif.
  • OxygenOS : Geser ke bawah pada homescreen dan temukan “Screen Recorder” di bawah menu Quick Settings. Jika opsi tidak tersedia, seperti biasa, ketuk tombol edit dan seret Perekam Layar ke menu QS. Anda juga dapat mengetuk ikon roda gigi untuk menyesuaikan opsi lanjutan.

2. Perekam Layar oleh Kimcy929

Ketika merujuk ke Aplikasi Perekam Layar Terbaik untuk Android, saya selalu menyarankan Perekam Layar oleh Kimcy929. Ini adalah aplikasi perekaman layar bebas iklan yang menawarkan banyak fitur hebat secara gratis. Untuk memulai, ini memungkinkan Anda merekam dengan resolusi dari 240p hingga 4K , bit rate dari 2 Mbps hingga 60 Mbps, dan kecepatan frame rate dari 24 FPS hingga 120 FPS.

10 Aplikasi Perekam Layar Terbaik untuk Android yang Dapat Anda Coba MyMacsense

Screen recorder Ini juga memungkinkan Anda merekam sentuhan dan audio eksternal apa pun, bersama dengan memungkinkan Anda untuk mengatur kecepatan bit audio hingga 320 kbps. Belum lagi, jika Anda menggunakan Android 10 ke atas, Anda juga dapat merekam audio internal .

Aplikasi ini hadir dengan fitur berguna yang disebut Game Launcher. Di sini, Anda dapat menambahkan game yang telah Anda instal di ponsel Anda dan kemudian meluncurkannya langsung untuk merekam alur game mereka. Itu menjadikannya salah satu aplikasi perekaman layar terbaik untuk bermain game , baik itu PUBG atau Call of Duty Mobile, di Android.

Untuk memungkinkan Anda mengedit rekaman Anda, Anda mendapatkan pemangkas video dengan kemampuan untuk menambahkan teks atau logo.

3. AZ Screen Recorder

AZ Screen Recorder adalah perekam layar terkenal untuk Android. Anda mungkin sudah pernah mendengarnya. AZ Screen Recorder menyediakan banyak pengaturan dan fitur untuk merekam layar ponsel Anda . Kesamaannya termasuk pilihan resolusi dari 240p hingga 1080p, bit rate dari 1 Mbps hingga 12 Mbps, kecepatan frame rate dari 20 FPS hingga 60 FPS, merekam audio eksternal dan internal, sentuhan, dan pengaturan hitung mundur hingga 60 detik.

Selain itu, Anda dapat membuat video selang waktu dari layar Anda – mulai dari kecepatan 1/3 hingga kecepatan 3x. Terakhir, dalam pengaturan aplikasi, Anda dapat mengonfigurasi berbagai cara untuk menghentikan perekaman, seperti menggoyangkan ponsel atau mematikan layar.

Anda juga mendapatkan fitur seperti menggabungkan video, mengganti audio dalam rekaman dengan audio khusus, menambahkan teks ke video, mengekspor dalam GIF , dll. Tersedia juga versi premium yang dapat dibeli sebagai pembelian dalam aplikasi untuk membuka kunci lebih banyak fitur. Saya akan merekomendasikan versi premium jika Anda tidak ingin terganggu dengan iklan saat menggunakan aplikasi.

10 Aplikasi Perekam Layar Terbaik untuk Android yang Dapat Anda Coba MyMacsense

4. InShot

InShot, yang telah kami sebutkan dalam daftar 11 Aplikasi Edit Video Terbaik Untuk Android Tahun 2021, juga memiliki aplikasi perekam layar yang populer dan penuh fitur di Android. Aplikasi Ini menawarkan kontrol tanpa batas yang cukup mudah digunakan. Aplikasi ini dilengkapi dengan alat cat yang memungkinkan Anda menandai area di layar saat merekam layar. Fitur ini menjadikannya salah satu aplikasi perekaman layar Android terbaik di pasaran.

10 Aplikasi Perekam Layar Terbaik untuk Android yang Dapat Anda Coba MyMacsense

Jika Anda menginginkan file video yang lebih kecil, Anda dapat merekam video dengan resolusi dan bitrate yang lebih rendah. Anda juga bisa mencapai 1080p dan 60FPS. Belum lagi, ada dukungan untuk berbagai sumber audio juga. Secara keseluruhan, XRecorder adalah salah satu aplikasi perekaman layar terbaik untuk Android, dan Anda harus segera mencobanya.

5. Mobizen Screen Recorder

Seperti kebanyakan aplikasi perekaman layar, Mobizen Screen Recorder menawarkan banyak fitur hebat yang menjadikannya aplikasi perekaman layar yang layak untuk pengguna smartphone Android. Dengan aplikasi ini, Anda dapat memilih resolusi apa pun dari 240p – 1080p , bit rate dari 0,5 Mbps hingga 12 Mbps, dan frame rate dari 5 FPS hingga 60 FPS. Mungkin tidak mengejutkan untuk melihat opsi seperti editor video, perekaman sentuh, hitung mundur, dan juga kamera wajah.

Aplikasi ini memiliki mode Rekaman Bersih yang, seperti yang sudah Anda duga, menghasilkan rekaman layar tanpa tanda air , lingkaran udara, dan pengatur waktu. Saat mode ini tidak aktif, Anda dapat mengganti watermark Mobizen dengan yang khusus. Selain itu, Anda dapat melihat durasi perekaman untuk mengetahui waktu.

10 Aplikasi Perekam Layar Terbaik untuk Android yang Dapat Anda Coba MyMacsense

Meskipun semua fitur aplikasinya gratis, Anda mungkin sering melihat iklan di dalam aplikasi. Tetapi Anda dapat menghapus iklan ini dengan membeli versi premium.

6. Screen Recorder V

Screen Recorder V memiliki kemiripan dengan AZ Screen Recorder , terutama dalam pengaturan yang ditawarkannya. Ini juga sangat populer di Android, dengan lebih dari 50 juta pemasangan. Aplikasi ini memungkinkan Anda merekam layar dengan resolusi yang dapat berkisar dari 240p hingga 2K, kecepatan bit dari 2 Mbps hingga 15 Mbps, dan kecepatan bingkai dari 24 FPS hingga 60 FPS.

Perlu diingat, perekaman layar pada 1080p dan 2K hanya tersedia untuk pengguna berbayar . Selain itu, aplikasi ini memungkinkan Anda untuk memasukkan gerakan sentuh dan menambahkan hitungan mundur 3 detik sebelum memulai perekaman layar. Dan tak perlu dikatakan lagi bahwa itu dapat merekam audio eksternal dan internal, mengingat Anda menggunakan Android 10 ke atas.

10 Aplikasi Perekam Layar Terbaik untuk Android yang Dapat Anda Coba MyMacsense

Rekaman layar dari aplikasi Android ini tidak mengandung watermark , jadi Anda tidak perlu khawatir tentang itu. Namun, jika Anda ingin menyertakan logo dalam rekaman Anda, aplikasi ini memungkinkan Anda melakukannya dengan memilih gambar dari perangkat Anda. Terakhir, Anda dapat menghentikan perekaman baik dari laci notifikasi atau dari kotak alat overlay.

7. Vidma Screen Recorder

Dengan Vidma Screen Recorder, Anda mendapatkan banyak opsi lanjutan dan gratis. Versi gratis aplikasi ini menawarkan resolusi khusus hingga 1080p, bit rate khusus, penghitung waktu mundur 10 detik yang telah ditentukan, dan opsi untuk memasukkan internal dan audio dari mikrofon.

Anda juga mendapatkan akses ke fitur-fitur canggih , seperti menggoyangkan perangkat Anda untuk menghentikan perekaman, menyembunyikan pemberitahuan yang sedang berlangsung, menampilkan sentuhan, pengatur waktu yang disesuaikan, prasetel, dan banyak lagi.

10 Aplikasi Perekam Layar Terbaik untuk Android yang Dapat Anda Coba MyMacsense

Yang saya sukai dari perekam layar ini adalah ia memiliki pendekatan yang tidak masuk akal. Cukup instal aplikasi dan mulai merekam layar tanpa harus menyesuaikan dan memberikan terlalu banyak izin. Jadi jika Anda mencari aplikasi perekaman layar yang sederhana dan gratis untuk Android, maka perekam layar Vidma mungkin menjadi pilihan yang cocok untuk Anda.

8. Apowersoft Screen Recorder

Apowersoft Screen Recorder adalah salah satu dari sedikit perekam layar yang memungkinkan Anda merekam rekaman layar 1440p . Faktanya, resolusi terendah yang ditawarkannya adalah 360p dibandingkan dengan 240p, yang ditawarkan oleh sebagian besar aplikasi lain. Dengan Apowersoft Screen Recorder, Anda dapat memilih bit rate dari 1 Mbps hingga 12 Mbps dan frame rate dari 24 FPS hingga 60 FPS.

10 Aplikasi Perekam Layar Terbaik untuk Android yang Dapat Anda Coba MyMacsense

9. Omlet Arcade Screen Recorder

Jika Anda mencari perekam layar Android untuk bermain game atau streaming langsung, Omlet Arcade mungkin adalah aplikasi terbaik yang pernah ada. Ini memiliki integrasi dengan YouTube, Twitch, dan banyak lagi. Aplikasi ini mendukung perekaman layar game seperti PUBG, Call of Duty, Among Us, Fortnite, dll. Ingat, itu tidak memungkinkan Anda untuk menyesuaikan pengaturan streaming.

10 Aplikasi Perekam Layar Terbaik untuk Android yang Dapat Anda Coba MyMacsense

Berdasarkan kecepatan internet, ini dapat secara otomatis beralih ke resolusi dan kecepatan frame rate yang lebih rendah atau lebih tinggi . Selain itu, ini mendukung perekaman audio baik dari sumber internal dan mikrofon, yang Anda butuhkan saat bermain game. Singkatnya, jika Anda seorang gamer, Omlet Arcade adalah aplikasi perekaman layar terbaik untuk Anda.

10. Google Play Game

Sebagian besar perangkat Android sudah dilengkapi dengan Google Play Game yang sudah terpasang sebelumnya. Jika perangkat Anda tidak memilikinya, saya sangat menyarankan Anda untuk mengunduhnya. Meskipun itu mungkin tidak memungkinkan Anda untuk merekam semua yang ada di perangkat Android Anda, ia memiliki fitur perekaman layar bawaan . Ini memungkinkan Anda untuk menyaring merekam game apa pun yang tersedia di Play Store bersama dengan kamera wajah.

10 Aplikasi Perekam Layar Terbaik untuk Android yang Dapat Anda Coba MyMacsense

Untuk merekam game, cari game di Google Play Game, ketuk ikon perekaman di pojok kanan atas, dan pilih kualitas video. Anda dapat memilih dari resolusi 480p atau 720p . Selanjutnya, aplikasi akan meminta Anda untuk meluncurkan gim, setelah itu Anda dapat mulai merekam.

Leave a Comment